Selasa, 06 November 2012

Bansos Bedah Rumah di 3 Kecamatan Labura Terancam Gagal


Aekkanopan, (Berita Rakyat)
Program Bantuan Sosial (Bansos) bedah rumah yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Labuhanbatu Utara di 3 Kecamatan yaitu, Kecamatan Aek Kuo, NA IX-X dan Marbau terancam gagal.

Pasalnya, rumah dari 3 Kecamatan tersebut berjumlah 18 rumah dengan pagu anggaran masing-masing sebesar Rp 18.800.000,- yang sebelumnya sudah diusulkan oleh pihak Kecamatan untuk dibedah pada Tahun Anggaran (TA) 2012 ini, sampai sekarang masih belum dikerjakan.

Berdasarkan informasi yang diterima Berita Rakyat, tersendatnya pengerjaan program itu di 3 Kecamatan ini, karena rekanan tidak mau mengerjakan rumah yang sudah diusulkan. Sementara TA 2012 sebentar lagi akan berakhir.

Saat salah satu  staf Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Labura, Ican, dikonfirmasi Berita Rakyat di ruangannya mengatakan, banyak perbedaan mekanisme pada program tahun ini dengan tahun kemarin. Sebab, untuk tahun ini, pengerjaannya tidak lagi diserahkan kepada Kepala Desa/Lurah, melainkan kerjasama dengan OKP maupun Ormas dengan sistem bapak angkat.

Sebab, kata dia, untuk tahun ini, dana dapat dicairkan apabila pengerjaan telah selesai. Untuk itu, perlu diadakan kerjasama dengan Ormas maupun OKP untuk mendahulukan biaya program tersebut.

Walaupun demikian, lanjut Ican, dana untuk bedah rumah tersebut tidak diberikan kepada pihak bapak angkat, tetapi langsung di transfer ke rekening penerima bantuan.

Jadi, tambahnya, kendala tersendatnya program bedah rumah di 3 Kecamatan itu, karena tidak ada yang mau menjadi bapak angkat untuk mendahulukan biaya pengerjaan bedah rumah.

Lebih jauh Ican menjelaskan, program bedah rumah yang terkendala itu sudah dia serahkan kepada masing-masing Camat di daerah tersebut. Dan rencananya, akhir bulan Nopember semuanya sudah selesai. (br.07)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar